Report question

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Bagaimana cara meningkatkan wilayah pemasaran

Cara memasarkan produk secara nasional

Sign in to answer

5 answers

Meningkatkan wilayah pemasaran disarankan menggunakan platform digital, karena jika memang validasi dari para pembeli kuat maka calon pembeli akan merasa "kepo" untuk mencobanya.

Saya sarankan usahanya bisa dicari di Google dulu, coba daftarkan usahanya di Google Bisnis: https://www.google.com/intl/id_id/business/

Kemudian minta ulasan dari pembeli dahulu di kumpulkan di Google bisnis, sehingga terlihat bintang dan nilainya. Contoh: Coba cari nama saya di Google, ketik "Chrisma Wibowo" terdapat hampir 600-an ulasan dengan nilai bintang 4.9

Semoga terjawabkan, selamat berkarya dan berinovasi

Report Chrisma's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Assalamualaikum, selamat pagi. Ijinkan saya Menambahkan jawaban dari om Chrisma Wibowo,

Berdasarkan pengalaman yang selama ini saya dan team lakukan dalam pemasaran produk apapun pada prinsipnya ada 6 tahapan dasar yg harus dilakukan 1. Bagaimana membuat orang tahu produk kita. Untuk membuat orang tahu saat ini social media sangatlah efektif sebagai media promosi, selain online media offline juga perlu di gunakan seperti brosur, banner, baliho dll yang tujuannya sama yaitu untuk membuat orang tahu tentang produk kita

  1. Membuat orang datang. Ini adalah PR kedua setelah orang tahu belum tentu mereka akan datang kepada kita, maka tugas kita selanjutnya adalah membuat mereka yang tahu datang untuk tahu lebih dalam tentang produk kita. Di sini perlu metode promosi yg lebih bisa memancing calon konsumen, misalkan dengan memberikan free sample.

  2. Membuat orang beli. Ini adalah tahapan selanjutnya setelah orang datang, karena tidak 100% orang yg berhasil kita datangkan mau membeli produk kita, salah satu cara yg selama ini efektif kami lakukan adalah dengan program buy 1 get 1free atau potongan diskon untuk pembelian pertama

  3. Membuat orang beli lagi. Tahap ke 4 ini sudah menyangkut di kualitas produk dan layanan kita pada customer yg membuat customer untuk membeli lagi produk yg kita jual, karena tak jarang orang hanya mau beli ketika ada promo, tapi setelahnya tidak mau kembali, kenapa? Ada beberapa alasan dan yg paling kuat biasanya karena kualitas produk dan service

  4. Membuat orang beli lebih banyak. Dalam tahap ini kombinasi marketing dan operasional sangat penting, biasanya promo yg efektif untuk meningkatkan jumlah pembelian dengan menggunakan program discount untuk pembelian dalam jumlah tertentu, atau program membership dengan harga khusus.

  5. Membuat orang mereferensikan produk kita ke orang lain Tahap ini biasanya dilakukan secara sukarela oleh customer yg puas dengan produk dan layanan kita, sehingga rela membantu kita dengan tidak sadar mereferensikan pada orang lain untuk mencoba produk kita

Semoga bermanfaat Salam pertumbuhan dari Malang

Report Oecil's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required
  • harus ada training yg berkesinambungan.

Report Emperanz's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

COVID-19 telah mengubah pola interaksi antara pelaku usaha dengan pelanggannya. Sebahagian pelaku usaha mulai merasakan penurunan penjualan bahkan tidak memiliki penjualan sama sekali, oleh karena banyak pelanggan yang mengikuti anjuran pemerintah untuk beraktivitas di rumah.

Lalu apa yg harus dilakuakan oleh para pelaku usaha? Apakah harus merumahkan sebagian atau bahkan seluruh karyawan demi penghematan biaya operasional? Apa yang harus dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan seperti sekarang ini? Apakah harus melakukan perluasan usaha?

Mempertahankan usaha bukan hanya dengan mengurangi biaya operasional, tetapi juga bagaimana upaya memperjuangkan proses penjualan agar tidak berhenti di tengah situasi pandemi.

Untuk dapat meningkatkan penjualan di tengah pandemi cobalah perluas pasaran secara online seperti:

  1. Media sosial. Perhatikan sekitar Anda bahkan mungkin Anda sendiri. Di saat situasi PSBB seperti saat ini, orang orang tidak lagi bebas untuk keluar rumah. Kebanyakan orang saat ini menghabiskan waktu, baik itu untuk berkomunikasi dalam bekerja atau sekedar menghilangkan kebosanan, menggunakan smartphone mereka. Baik WhatsApp untuk berkomunikasi atau Instagram dan Facebook untuk mencari hiburan. Manfaatkan peluang ini untuk melakukan pemasaran via media sosial. Buatlah iklan untuk usaha di platform Facebook, Instagram, atau Google. Strategi mendasar yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan buyer persona sebagai target pasar. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai komunikasi dengan target pasar tanpa harus bertemu secara langsung. Pastikan konten sesuai dengan jenis media sosial, karena platform yang berbeda maka audience-nya juga akan berbeda.

  2. Manfaatkan perluasana pasar melalui marketplace. Selain media sosial, manfaatkan marketplace seperti, Bukalapak, Shoppe, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain, untuk pemasaran produk Anda.

  3. Bangun kolaborasi. Hal ini tentu menjadi keharusan dalam menghadapi PSBB yang sedang berlaku. Nah, Anda dapat melakukan kolaborasi dengan beberapa pihak, seperti dengan ojek online untuk kebutuhan pengantaran barang-barang kecil. Kemudian gunakan juga perusahaan agen ekspedisi profesional untuk kebutuhan pengiriman barang-barang ke seluruh tanah air, bahkan manca negara. Kolaborasi tentu bukan hanya menguntungkan satu pihak saja, tapi juga memberikan dampak bagi siapapun yang terlibat. Kolaborasilah dengan teman Anda yang memiliki follower cukup banyak di media sosial. Mintalah bantuan mereka untuk mempromosikan barang jualan Anda di media sosial mereka. Untuk dapat menghemat biaya promosi, lakukan barter sebagai ganti biaya promosi. Anda dapat memberikan barang jualan Anda secara gratis kepada mereka sebagai gantinya mereka mempromosi dagangan Anda di sosial media mereka.

Semoga bermanfaat.

Report Bobby's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Selamat sore Ibu Deswita, saya Lisa Hermawati, izin mencoba menjawab pertanyaan ibu mengenai perluasan pangsa pasar, lintas wilayah.

intinya Ibu harus menerapkan digital marketing, karena selain jangkauannya sangat luas, kondisi seperti saat ini jalan terbaik memperluas pangsa pasar yaitu dengan menerapkan penjualan secara online.

Report LISA's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required